Selamat
Selamat datang,

  Export to PDF   Print
 

Sistem Informasi Plasma Nutfah Pertanian

Plasma nutfah padi merupakan sumber keanekaragaman karakter tanaman padi yang memiliki potensi sebagai sumber keunggulan tetua dalam program perakitan varietas unggul baru. Keragaman plasmanutfah padi berupa koleksi varietas local, ras-ras yang beradaptasi di lingkungan spesifik, kultivar unggul yang telah lama dilepas dan bertahan di masyarakat, serta kultivar unggul yang baru dilepas dan galur-galur harapan yang tidak terpilih dalam pelepasan varietas. Materi tersebut sangat penting dalam program pemuliaan, karena perakitan dan perbaikan varietas unggul baru yang memiliki latar belakang genetik luas, akan tergantung dari ketersediaan sumber gen pada koleksi plasmanutfah (Cooper et.al., 2003).

Balai Besar Penelitian Tanaman Padi telah berupaya mempertahankan kelestarian dan meningkatkan keragaman genetik plasmanutfah padi melalui program pengelolaan, eksplorasi, konservasi, serta evaluasi terhadap ketersediaan plasmanutfah dalam jumlah dan mutu yang memadai secara berkelanjutan agar dapat dimanfaatkan baik dalam kegiatan pemuliaan maupun penelitian lebih lanjut. Pengelolaan plasmanutfah dinilai berhasil apabila telah mampu menyediakan aksesi plasmanutfah sebagai sumber gen donor dalam program pemuliaan, dan pemuliaan tanaman dinilai berhasil apabila telah memanfaatkan keragaan sifat genetik yang tersedia dalam koleksi plasmanutfah (Sumarno dan Zuraida, 2008).

Dalam upaya membantu pemanfaatan informasi plasmanutfah padi oleh pengguna. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi telah mengembangkan Sistem Informasi Plasma Nutfah Padi secara on-line melalui situs Plasmanutfah yang terkoneksi dengan website BB Padi. Pada kegiatan penguatan database dan system informasi plasmanutfah padi telah disusun database karakteristik genotype plasmanutfah padi yang meliputi koleksi padi lokal, introduksi dan galur generasi lanjut dalam bentuk data terstuktur. Database tersebut saat ini bisa diakses langsung oleh pengguna melalui internet. Hingga saat ini situs tersebut baru memuat informasi antara lain : home, profil pengelolaam, status komputerisasi data, sumber-sumber gen penting, database palsmanutfah dan daftar descriptor. Memalui situs tersebut, diharapkan para pengguna dapat mengakses langsung informasi sesuai dengan keperluan. Situs ini masih memerlukan perbaikan baik dari segi materi maupun penyajiannya. Untuk itu masukan dan saran terhadap tim sanagat kami perlukan demi perbaikan selanjutnya.

Selamat datang,